Welcome Sahabat Tv Blog ini Tentang Segala Sesuatu yang berkaitan Dengan Pra Produksi,Produksi dan Paska Produksi dan lain-lain sebagainnya

Merencanakan Program Pertelevisan yang Benar

Assalamuaikum wr wb admin disini akan membahas tentang perencanaan program pertelevisian, meliputi Pola Siaran, Program Talk Show dan Tahap-Tahapan Produksi

Produksi Program TV adalah proses produksi/penyiaran yang menghasilkan materi berbentuk audio-visual yang berisi program (acara TV), diproduksi atau disiarkan oleh sekelompok orang dengan profesi tertentu, dilaksanakan secara profesional berdasarkan kaidah pertelevisian untuk disiarkan melalui media TV dan ditujukan kepada pemirsa.
Proses produksi program harus dilakukan melalu sebuah proses yang mantap dan dengan perencanaan yang matang.

Tuntutan Profesionalitas, yaitu :

Berdedikasi terhadap profesinya
Bertanggung jawab terhadap pekerjaannya
Disiplin pada keseluruhan tugas/fungsi
Bekerja tanpa pamrih
Menguasai sepenuhnya fungsi dan tugas
Motivasi berkarya positif
Jujur, Terbuka, dan terus terang
Mampu bekerja sama dengan siapa saja

Ketentuan-ketentuan yang mengikat dalam produksi/penyiaran program acara TV :

Strategi produksi dan penyiaran

Pola siaran, Misal :
Berita         20% (News, Buletin)
Informasi    20% (Features, Dokumenter, Talkshow, Event, Reportase)
Pendidikan 20% (Edutainment, Kuis, Features Reality)
Agama       10% (Dialog, Monolog)
Hiburan      30% (Musik, Drama, Infotainment, Talkshow)
Pola acara (Strategi Penyusunan Program, Durasi Siaran)
Frekuensi penyiaran atau produksi acara
Sasaran produksi acara
Durasi acara
Sifat produksi/penyiaran
Sistem produksi
Teknik produksi/penyiaran

Sebuah program acara TV ditujukan kepada penonton, karena

Memberikan manfaat bagi penonton berupa :
Informasi
Pengetahuan
Entertainment (hiburan)
Ketiga aspek di atas
Memberi motivasi
Memberi semangat dan pesan moral
Landasan isi paket program acara adalah sebagai berikut :

Format acara ( drama, non-drama, berita, atau penunjang)
Sasaran acara atau misi yang akan disampaikan
Sasaran audience (Usia, Strata sosial (A – B – C –  D – E)
Kategori acara (Serial / Episode, Lepas / Sekali tayang selesai)
Durasi
Jam Tayang
Frekuensi tayang perminggu/perbulan
Tiga tahapan dalam produksi film/TV :

Persiapan (Pra Produksi)
menyiapkan ide cerita sampai menjadi skenario
menganalisa skenario
menentukan Key Member Produksi
menentukan talent
hunting lokasi
three angle meeting (Produser, Program Director, Technical Director)
director’s shoot (pemikiran sutradara)
menentukan peralatan
pembuatan floor plan dan storyboard
script confience
desain jadwal produksi
menentukan Crew
desain budgetting
production meeting (all crew)
Produksi (Shooting) : perekaman gambar dan suara
Pasca Produksi : penyusunan gambar dan suara menjadi sebuah Paket siap siar yang utuh.
Editing Off Line
Editing On Line
Titling
Audio Mixing
Compositing
Deskripsi Program

Menjelaskan secara rinci keseluruhan dari karya yang akan diproduksi mulai dari jenis karya, media, karakter, durasi atau bentuk dan penyampaian karya.
Contoh :
Kategori Program     :  ( Pendidikan, Hiburan, Informasi dll )
Media                      :  ( Televisi )
Format Program       :    ( Feature, Talkshow, Edutainment dll )
Judul Program          : ( Jalan Jalan Men )
Durasi Program        : ( 30 menit, 60 menit, 120 menit dll)
Target Audience      : Umur :Anak ( 6 -12), Remaja ( 13 – 17), Dewasa ( 18 – 35 ),   Orang tua ( 36 – keatas )

Jenis Kelamin : L / P
Status Ekonomi Sosial :      A ( Kelas Atas, B ( Menengah keatas), C ( Menengah kebawah), D ( Kelas bawah)
( Maksimal pemilihan SES 2 tingkatan)
Karakteristik Produksi : Live, Recording / Taping,
Jenis Produksi ( Single Camera atau Multi Camera).
Jam tayang + Alasan  : 10.00 – 10.30 WIB
Alasan : Pada jam – jam tersebut  anak anak lagi asik menonton tv

Sekian apabila ada kekurangan, tolong di tambahkan terima kasih
1 Komentar untuk "Merencanakan Program Pertelevisan yang Benar"
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog. - Hapus

Back To Top