Pada
tulisan ini akan membahas tentang material dan texture. Kedua hal tersebut
digunakan untuk memberikan warna dan tampilan yang lebih artistik untuk sebuah
objek. Berikut di bawah ini akan dijelaskan bagaimana menggunakan material dan
texture dalam pembuatan sebuah cermin lemari pada blender versi 2.65
1.
Seperti biasa, saat kita membuka
blender, objek pertama yang muncul adalah sebuah cube. Dari cube ini kita akan
bentuk menjadi sebuah cermin lemari yang cantik. Pertama-tama tekan tombol
Ctrl+R untuk menambahkan edge pada cube, geser mouse untuk menentukan posisi
edge yang baru dan gunakan tombol “s” untuk memberi jarak antara edge yang
aktif sehingga cube akan tampak seperti dibawah ini
2. Selanjutnya seleksi bidang persegi panjang
pada bagian atas dari cube dan tekan “E” untuk mengekstrudenya terhadap sumbu z
kearah atas, bagian ini akan menjadi cerminnya nanti, tinggi dari cermin sesuai
selera editor
3. Lalu gunakan Ctrl+R lagi pada bagian yang kita
ekstrud tadi, satu mendekati tepi atas dan satu lagi mendekati tepi bawah, kemudian
seleksi bagian bawah dan atas lalu tekan “S” untuk scale dan tekan tombol “y”
untuk menentukan scale berdasarkan sumbu y saja, geser mouse hingga objek
berubah bentuk menjadi polygon seperti dibawah ini
4. Pada kubus yang ada dibawah, tambahkan edge untuk
membuat persegi pada sisi kanan cermin lalu seleksi persegi tersebut dan
ekstrude menggunakan tombol “E” terhadap sumbu Z dan geser mouse setinggi yang anda inginkan
5. Pada polygon, tambahkan lagi edge dengan
tombol Ctrl+R secara horizontal dan scroll sedikit saja pada mouse agar edge
yang ditambahkan menjadi 2, klik kiri lalu tekan tombol “S” untuk scale dan “Z”
terhadap sumbu Z. gunakan view front untuk memudahkan anda melihat dan
menyamakan tinggi dari edge yang kita buat pada polygon dengan edge yang kita
buat pada balok sebelah kanan cermin dengan klik 5 dan 1 pada numpad. Lalu
sesuaikan.
Jika sudah sesuai, klik sisi persegi pada
balok kanan dan tekan tombol “E” untuk ekstrude menuju cermin, tak perlu sampai
bersentuhan dengan polygon, berikutnya seleksi tiap vertex pada objek yang tadi
diekstrude dengan vertex yang ada pada polygon lalu tekan tombol Alt+M dan
pilih at last untuk menyatukan kedua vertex.
6. Pada bagian kubus yang ada dibawah, seleksi
face seperti gambar dibawah ini lalu ekstrud kearah dalam dari objek, tujuannya
untuk membuat kolong.
7. Seleksi edge-edge yang menurut anda mengganggu
dan tak diperlukan lalu tekan tombol “X” dan pilih “Dissolve” untuk menghapus
edge tersebut.
8. Tekan tombol 1 lagi untuk view front lalu
tekan tombol Z untuk membuat objek terlihat wireframe lalu tekan tombol “B” dan
arahkan mouse pada pojok kiri atas layar kerja, klik dan tahan lalu geser mouse
sehingga semua vertex yang ada di bagian kiri objek terseleksi. Kemudian tekan
tombol “X” dan pilih verteces untuk menghapus sebagian. (sebelumnya jangan lupa
menambahkan edge ditengah-tengah objek. Setelah itu klik add modifier yang ada
disebelah kanan layar dan pilih mirror. Centang axis Y saja dan centang
clipping agar objek direfleksikan terhadap sumbu Y saja dan agar saat kita
menggeser objek, sisi kiri dan kanan tidak akan terpisah
9. Tekan tombol Tab untuk masuk ke objek mode
lalu tekan tombol Shift+A untuk menambahkan objek cube. Objek ini akan kita
buat sebagai tempat duduknya
10. Atur sedemikian rupa ukuran cubenya lalu tekan
tombol tab lagi untuk masuk ke edit mode setelah itu tekan Ctrl+E dan pilih subdivide
untuk membuat segmen yang lebih kecil pada cube, pada sebelah kiri layar
terdapat number of cuts, ubah menjadi 2. Selanjutnya klik add modifier dan
pilih subdivision surface. Ini berguna agar membuat objek terlihat lebih halus
lalu klik apply.
11. Tempatkan bangku pada kolong meja cermin
12. Kembali ke objek cermin dengan pindah terlebih
dulu ke objek mode lalu klik kanan pada cermin dan klik tab lagi untuk masuk ke
edit mode pada cermin. Seleksi face seperti terlihat dalam gambar lalu tekan
“E” dan klik kiri langsung tanpa menggeser mouse lalu tekan “S” untuk menscale
ukuran yang kita ekstrude tadi. ini bertujuan untuk membuat laci. Lakukan
langkah ini pada bagian-bagian yang menurut anda cocok untuk dibuat laci atau
pintu lemari kecil.
13. Seleksi face pada cermin lalu tekan E dan S
untuk ekstrude dan scale, nantinya ini akan menjadi cermin
14. Langkah yang dibawah ini hanyalah untuk
membuat laci terlihat lebih realistic dengan mengekstrudenya keluar, lakukan
dengan teknik ekstrude dan scale
15. Tekan “A” untuk menyeleksi keseluruhan objek
lalu klik tab material yang ada di sebelah kanan layar yang berbentuk lingkaran
lalu klik symbol “+” untuk menambah material. Berikutnya klik tab texture yang
ada disebelah kanan tab material (Texture hanya dapat dibuat jika ada material)
16. Berikutnya klik type dan pilih image or movie
untuk membuat texture dari gambar yang kita punya. Lalu klik open yang ada
dibawah preview.
17. Pada gambar dibawah ini, kita akan memilih
gambar yang ada di computer, seleksi dan klik open untuk mengimportnya ke
blender.
18. Pada bagian bawah, klik coordinates dan pilih
objek, pada objek klik dan pilih cube. Jika sudah, kembali ke tab material dan
klik assign
19. Seleksi face pada cermin lalu pada tab
material klik symbol “+” untuk menambahkan material baru, scroll kebawah untuk
mencari mirror
20. Pada mirror, ceklis dan atur reflectivity dan
yang lainnya untuk memberikan efek cermin pada bidang yang diseleksi
21. Berikutnya kita pindah ke edit mode pada objek
bangku. Lakukan cara yang sama seperti pada objek meja cermin sebelumnya,
seleksi bagian bawah untuk material yang bertexture kayu hitam dan seleksi
hanya bagian atas untuk material berwarna merah polos
8 Komentar untuk "Tutorial Blender 3D Material dan Texturing"
masih bingung gan langkah-langkahnya
ijin nyoba tapi jadi nya agak jelek sih hehe newbie
wah masih bingung nih ane :(
msh agak bingung, kayaknya agan ini udh mastah
mmembantu banget gan. THanks
wah thanks banget gan tutorialnya,,, ini bisa buat bikin mod gta juga gk gan?
Kepengen nyoba ah.... moga aja bisa.
Nice info gan,perlu byak blajar lgi hehe