Welcome Sahabat Tv Blog ini Tentang Segala Sesuatu yang berkaitan Dengan Pra Produksi,Produksi dan Paska Produksi dan lain-lain sebagainnya

Tutorial Blender 3D Material dan Texturing

Pada tulisan ini akan membahas tentang material dan texture. Kedua hal tersebut digunakan untuk memberikan warna dan tampilan yang lebih artistik untuk sebuah objek. Berikut di bawah ini akan dijelaskan bagaimana menggunakan material dan texture dalam pembuatan sebuah cermin lemari pada blender versi 2.65

1.      Seperti biasa, saat kita membuka blender, objek pertama yang muncul adalah sebuah cube. Dari cube ini kita akan bentuk menjadi sebuah cermin lemari yang cantik. Pertama-tama tekan tombol Ctrl+R untuk menambahkan edge pada cube, geser mouse untuk menentukan posisi edge yang baru dan gunakan tombol “s” untuk memberi jarak antara edge yang aktif sehingga cube akan tampak seperti dibawah ini




2.      Selanjutnya seleksi bidang persegi panjang pada bagian atas dari cube dan tekan “E” untuk mengekstrudenya terhadap sumbu z kearah atas, bagian ini akan menjadi cerminnya nanti, tinggi dari cermin sesuai selera editor




3.      Lalu gunakan Ctrl+R lagi pada bagian yang kita ekstrud tadi, satu mendekati tepi atas dan satu lagi mendekati tepi bawah, kemudian seleksi bagian bawah dan atas lalu tekan “S” untuk scale dan tekan tombol “y” untuk menentukan scale berdasarkan sumbu y saja, geser mouse hingga objek berubah bentuk menjadi polygon seperti dibawah ini








4.      Pada kubus yang ada dibawah, tambahkan edge untuk membuat persegi pada sisi kanan cermin lalu seleksi persegi tersebut dan ekstrude menggunakan tombol “E” terhadap sumbu Z  dan geser mouse setinggi yang anda inginkan






5.      Pada polygon, tambahkan lagi edge dengan tombol Ctrl+R secara horizontal dan scroll sedikit saja pada mouse agar edge yang ditambahkan menjadi 2, klik kiri lalu tekan tombol “S” untuk scale dan “Z” terhadap sumbu Z. gunakan view front untuk memudahkan anda melihat dan menyamakan tinggi dari edge yang kita buat pada polygon dengan edge yang kita buat pada balok sebelah kanan cermin dengan klik 5 dan 1 pada numpad. Lalu sesuaikan.
Jika sudah sesuai, klik sisi persegi pada balok kanan dan tekan tombol “E” untuk ekstrude menuju cermin, tak perlu sampai bersentuhan dengan polygon, berikutnya seleksi tiap vertex pada objek yang tadi diekstrude dengan vertex yang ada pada polygon lalu tekan tombol Alt+M dan pilih at last untuk menyatukan kedua vertex. 





6.      Pada bagian kubus yang ada dibawah, seleksi face seperti gambar dibawah ini lalu ekstrud kearah dalam dari objek, tujuannya untuk membuat kolong.







7.      Seleksi edge-edge yang menurut anda mengganggu dan tak diperlukan lalu tekan tombol “X” dan pilih “Dissolve” untuk menghapus edge tersebut.




8.      Tekan tombol 1 lagi untuk view front lalu tekan tombol Z untuk membuat objek terlihat wireframe lalu tekan tombol “B” dan arahkan mouse pada pojok kiri atas layar kerja, klik dan tahan lalu geser mouse sehingga semua vertex yang ada di bagian kiri objek terseleksi. Kemudian tekan tombol “X” dan pilih verteces untuk menghapus sebagian. (sebelumnya jangan lupa menambahkan edge ditengah-tengah objek. Setelah itu klik add modifier yang ada disebelah kanan layar dan pilih mirror. Centang axis Y saja dan centang clipping agar objek direfleksikan terhadap sumbu Y saja dan agar saat kita menggeser objek, sisi kiri dan kanan tidak akan terpisah






9.      Tekan tombol Tab untuk masuk ke objek mode lalu tekan tombol Shift+A untuk menambahkan objek cube. Objek ini akan kita buat sebagai tempat duduknya






10.  Atur sedemikian rupa ukuran cubenya lalu tekan tombol tab lagi untuk masuk ke edit mode setelah itu tekan Ctrl+E dan pilih subdivide untuk membuat segmen yang lebih kecil pada cube, pada sebelah kiri layar terdapat number of cuts, ubah menjadi 2. Selanjutnya klik add modifier dan pilih subdivision surface. Ini berguna agar membuat objek terlihat lebih halus lalu klik apply.






11.  Tempatkan bangku pada kolong meja cermin






12.  Kembali ke objek cermin dengan pindah terlebih dulu ke objek mode lalu klik kanan pada cermin dan klik tab lagi untuk masuk ke edit mode pada cermin. Seleksi face seperti terlihat dalam gambar lalu tekan “E” dan klik kiri langsung tanpa menggeser mouse lalu tekan “S” untuk menscale ukuran yang kita ekstrude tadi. ini bertujuan untuk membuat laci. Lakukan langkah ini pada bagian-bagian yang menurut anda cocok untuk dibuat laci atau pintu lemari kecil.





13.  Seleksi face pada cermin lalu tekan E dan S untuk ekstrude dan scale, nantinya ini akan menjadi cermin





14.  Langkah yang dibawah ini hanyalah untuk membuat laci terlihat lebih realistic dengan mengekstrudenya keluar, lakukan dengan teknik ekstrude dan scale






15.  Tekan “A” untuk menyeleksi keseluruhan objek lalu klik tab material yang ada di sebelah kanan layar yang berbentuk lingkaran lalu klik symbol “+” untuk menambah material. Berikutnya klik tab texture yang ada disebelah kanan tab material (Texture hanya dapat dibuat jika ada material)





16.  Berikutnya klik type dan pilih image or movie untuk membuat texture dari gambar yang kita punya. Lalu klik open yang ada dibawah preview.






17.  Pada gambar dibawah ini, kita akan memilih gambar yang ada di computer, seleksi dan klik open untuk mengimportnya ke blender.







18.  Pada bagian bawah, klik coordinates dan pilih objek, pada objek klik dan pilih cube. Jika sudah, kembali ke tab material dan klik assign






19.  Seleksi face pada cermin lalu pada tab material klik symbol “+” untuk menambahkan material baru, scroll kebawah untuk mencari mirror






20.  Pada mirror, ceklis dan atur reflectivity dan yang lainnya untuk memberikan efek cermin pada bidang yang diseleksi





21.  Berikutnya kita pindah ke edit mode pada objek bangku. Lakukan cara yang sama seperti pada objek meja cermin sebelumnya, seleksi bagian bawah untuk material yang bertexture kayu hitam dan seleksi hanya bagian atas untuk material berwarna merah polos






Hasil :







8 Komentar untuk "Tutorial Blender 3D Material dan Texturing"

masih bingung gan langkah-langkahnya

ijin nyoba tapi jadi nya agak jelek sih hehe newbie

msh agak bingung, kayaknya agan ini udh mastah

wah thanks banget gan tutorialnya,,, ini bisa buat bikin mod gta juga gk gan?

Kepengen nyoba ah.... moga aja bisa.

Nice info gan,perlu byak blajar lgi hehe

Back To Top