Welcome Sahabat Tv Blog ini Tentang Segala Sesuatu yang berkaitan Dengan Pra Produksi,Produksi dan Paska Produksi dan lain-lain sebagainnya

Cara Membuat Script Kasar



Langkah awal yaitu menawarkan ide, kita perlu mnyusun sebuah naskah rancangan atau draf untuk diajukan ke pihak – pihak yang berminat, bila kita bekerja di stasiun tv atau PH (Production House) kita dapat langsung mengajukannya (presentasikannya) ke produser. Menulis draf naskah bukan seperti menulis catatan kecil, tetapi kita harus menuliskan semua informasi dan trans skrip data riset. 

Umumnya draf naskah ditulis dalam susunan pembagian sekuens (sequence), agar saat menyelesaikannya pada tahap produksi dapat dijabarkan secara trinci dalam susunan shot dan adegan lebih jelas.

Tulisan draf harus lengkap dan jelas, termasuk rancangan mengenai ruang dan waktu pada setiap sekuens (floor plan), setelah itu di tetapkan bentuk penuturan yang menjadi gaya dan struktur, juga perlu disampaikan dalam naskah mengenai hal –hal yang menjadi daya tarik jika proposal ini diproduksi.

Pada prinsipnya, baik konsep naskah feature maupun dokumenter adalah sama yakni terbagi dalam 5 tahapan yaitu :

1.      IDE

2.      TREATMENT ATAU STORYLINE

3.      NASKAH SHOOTING / SKENARIO

4.      NASKAH EDITING

5.      NASKAH NARASI

Ide merupakan jatung sebuah karya seni, konsep struktur, dan batasan dari isi keseluruhan cerita.

Treatmen atau Storyline merupakan sketsa yang dapat memberikan gambaran pendekatan dan keseluruhan isi cerita dan treatment dapat pula menjadi materi presentasi untuk ditawarkan kepada produser dan sponsor.

Naskah Shooting atau skenario, disebut juga shooting script, sangat penting untuk mendapat 
gambaran konkreat dan jelas sebagai cetak biru atau master plan.

Naskah editing atau editing script merupakan penentuan visualisasi struktur cerita

Naskah narasi atau naration script lebih merupakan susunan penulisan narasi yang nantinnya akan dibacakan secara voice over oleh narator ketika proses mixing melalui proses dubbing pada tata suara.


Sekian info dari saya, terima kasih telah mengunjung blog saya, krisna maulana melaporkan.
0 Komentar untuk "Cara Membuat Script Kasar"

Back To Top