Welcome Sahabat Tv Blog ini Tentang Segala Sesuatu yang berkaitan Dengan Pra Produksi,Produksi dan Paska Produksi dan lain-lain sebagainnya

Cara Membuat Treatment atau Storyline

Membuat Treatment atau storyline

Fungsi Treatment tak hanya berisi urutan shot dan adegan, tetapi juga secara konkreat berisi yang berkaitan dengan judul dan tema, sehingga merupakan the treatmeat of the story.

Kita proses syuting alias mengambil gambar , umumnya sutradara mengacu pada treatment. Selain memakan waktu lama, penulisan skenario juga dianggap sebagai broadcaster dapat mengekang kebebasan. Soalnya, sutradara dan penata  kamera harus selalu siap dan peka ketika mengikuti adegan demi adegan yang berlangsung dalam peristiwa tersebut, bahkan terkadang adegan spontan tak terduga dapat saja terjadi pada saat mengambil gambar.

Skenario baru ditulis saat memasuki tahap proses pasca produksi untuk kepentingan editor, itupun sudah dalam bentuk naskah editing. Namun , pada beberapa bentuk penuturan broadcaster, skenario sangat dibutuhkan sebagai cetak biru yang lengkap diatas kertas. Dalam treatment harus di jelaskan susunan yang akan divisualkan atau direspresentasikan dalam feature atau dokumenter. 

Jika ada wawancara, dalam treatment perlu dijelaskan , meskipun isi wawancara tidak perlu ditulis secara menyeluruh. Cukup dengan memberikan catatan pada bagian isi wawancara utama atau sebuah draf pertanyaan. Selain itu, sebuah treatment juga sudah memberikanalur cerita secara jelas, serta atmosfer bagi penataan suara yang diperlukan.


Contoh Treatment "Iklan Layanan Masyarakat"

TREATMENT

Production Company  : SMK NEGERI 1 SEMARANG Produser: Rifki Wahyu Mauli
Project Title                 : PEDULI ??? HARUS !!!             Director               :
Durasi                          : 30 Detik                                       Technical Director:

01.EXT.SEKOLAH-LAPANGAN                                               PAGI
PEMAIN : -

Kumpulan beberapa foto infrastruktur sekolah yang rusak seperti kursi yang rusak , kotak saran yang miring , kaca jendela yang pecah , taman yang kotor , tong sampah yang jatuh dll.
CUT TO :

02.EXT.SEKOLAH-LAPANGAN                                                PAGI
          PEMAIN : MAYSHA

Maysa berjalan menuju ke lapangan sekolah lalu dia melihat kotak saran yang miring dan dia berinisiatif untuk membetulkan kotak saran tersebut
                                                                                                                     CUT  TO:


03.EXT.SEKOLAH-LAPANGAN                                 PAGI
PEMAIN  : MAYSA , YOGI , RIVAL , ANGGUN , WIDA , ALVIAN , ERICK , RIZKY

Setelah membetulkan posisi kotak saran lalu MAYSA menengok ke belakang dan ternyata disana banyak teman-teman yang ikut membetulkan infrastruktur yang rusak dan membersihkan  taman yang kotor.
                                                                             THE END.


4 Komentar untuk "Cara Membuat Treatment atau Storyline"

Lum punya pengalaman ngerasain kaya gtu sih gan.. tp sepertinya seru jg :)

Back To Top